KUNJUNGAN NARESUAN UNIVERSITY OF THAILAND BERSAMA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA KE RS SUMBERGLAGAH 17 ‎April ‎2018

KUNJUNGAN NARESUAN UNIVERSITY OF THAILAND
BERSAMA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA
KE RS SUMBERGLAGAH

 Selasa (17 April 2018) – Sejumlah mahasiswa dari Universitas Naresuan, salah satu perguruan tinggi di negara Gajah Putih mengunjungi Rumah Sakit Sumberglagah ditemani oleh 2 (dua) orang pengajarnya yaitu Prof. Dr.Raweean Pilaikiat dan Mrs.Samapom Chimnak beserta Tim Pendamping dari Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Seto Hadi Suyatmana, S.Kep, Ns.,M.Ns dan Deni Yasmara, S.Kep,.Ns., M.Kep, Sp.KMB). Tujuan rombongan mengunjungi Rumah Sakit Sumberglagah diantaranya yaitu untuk mempelajari penyakit kusta secara lebih dalam.

Dalam greeting speechnya, Prof.Raweean mengemukakan tawaran kerjasama untuk penelitian dampak penyakit kusta pada penderitanya. Hal tersebut karena penemuan kasus kusta di negaranya terakhir kali ditemukan adalah di tahun 2014 (empat tahun lalu), dimana pemerintah setempat tidak mempersiapkan penanggulangannya. Demikian juga dengan tenaga medis yang masih sangat awam (unconcerned) terhadap kusta. Sehingga beliau berharap dengan kerjasama ini, tenaga kesehatan di masa mendatang dapat mempersiapkan segala kemungkinan apabila suatu saat kembali ditemukan kasus kusta di negaranya.

dr.I.G.N. Arya Sidemen, SE, MPH, selaku direktur dan tuan rumah menyambut hangat tawaran tersebut dan menjelaskan mengenai kusta dan realita masih adanya stigma di lapangan terhadap penderita kusta.

Presentasi tentang kusta secara holistik dalam Wellcome ceremony kegiatan kunjungan ini disampaikan oleh Roni Susanto, S.Kep.,Ns., M.Kep. selaku kepala bagian Litbang RS Sumberglagah. Kepala Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM), Purwo Atmodjo, SKM, M.Kes sekaligus Epidemiolog RS Sumberglagah juga turut menjelaskan mengenai kusta secara epidemiologi.

Kegiatan kunjungan berlangsung cukup menarik dengan tanya jawab dari mahasiswa, dosen Naresuan University, Dosen Unair, maupun pihak RS Sumberglagah.

Kegiatan wellcome ceremony dilanjutkan dengan bedside teaching dan diskusi di ruang rawat jalan kusta, ruang rawat inap kusta dan ruang Ortotik Prostetik untuk melihat secara langsung kegiatan perawatan dan rehabilitasi penderita kusta di RS Sumberglagah.

Kegiatan kunjungan diakhiri dengan sesi foto bersama dan pemberian cinderamata.

Dosen:
Prof.Dr.Raweean Pilaikiat (Nareuan University, Thailand)
Mrs.Samapom Chimnak (Nareuan University, Thailand)
Setho Hadi  Suyatmana (FKP Unair, Indonesia)
Deni Yasmara (FKP Unair, Indonesia)

Mahasiswa:
Nichakarn Ekburuskul (Nareuan University, Thailand)
Poonyapat Indee (Nareuan University, Thailand)
Wasake Rachsaensri (Nareuan University, Thailand)
Kanitha Damrongwit (Nareuan University, Thailand)
Novalia Puspitasary (FKP Unair, Indonesia)
Bunga Novia Hardiana (FKP Unair, Indonesia)

[Best_Wordpress_Gallery id=”58″ gal_title=”KUNJUNGAN NARESUAN UNIVERSITY OF THAILAND BERSAMA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA KE RS SUMBERGLAGAH 17 ‎April ‎2018″]

0 Komentar

Lokasi